Istilah “iklan” mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Iklan sering muncul di papan reklame sepanjang jalan yang  Anda lalui, serta di berbagai media seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, media online.

Definisi Iklan

Iklan adalah pesan yang disampaikan kepada publik dengan tujuan mempengaruhi keputusan khalayak, baik berupa ajakan untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu.

Sementara itu, iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Jenis Iklan

Jenis iklan dapat dibagi menjadi iklan komersial dan iklan non-komersial.

1. Iklan Komersial

Iklan jenis ini bertujuan untuk berpromosi dengan maksud agar masyarakat mau membeli atau menggunakan layanan yang diiklankan.

2. Iklan Non-Komersial

Iklan ini bertujuan untuk memberikan informasi, edukasi, saran dan program sosialisasi kepada masyarakat.

Sedangkan menurut medianya, iklan dibedakan menjadi iklan cetak dan iklan elektronik.

1. Iklan Media Cetak

Iklan ini dibuat dengan cara dicetak. Iklan semacam ini sering dijumpai di surat kabar, majalah, poster, baliho, stiker, dan lain-lain.

2. Iklan Media Elektronik

Iklan ini menggunakan media elektronik seperti televisi, radio atau media sosial untuk berpromosi.

Selain itu, iklan dapat berupa iklan cetak, iklan fitur, iklan kolom, dan iklan bergambar.

  • Iklan Cetak: Iklan ini dipasang dan dibuat dengan teknologi cetak, seperti baliho, spanduk, surat kabar, dan sebagainya.
  • Iklan Baris: Iklan ini biasa ditemukan di koran dengan hanya membuat beberapa kata atau kalimat saja.
  • Iklan Kolom: Iklan kolom memiliki lebar satu kolom dan cenderung lebih tinggi dari iklan baris, seperti advertorial.
  • Iklan Display: Iklan ini biasanya menampilkan promosi secara lebih luas dari iklan baris, seperti iklan di radio dan televisi.

Pemilihan Media dalam Iklan

Pemilihan media atau perencanaan media adalah serangkaian kegiatan untuk menyampaikan pesan komunikasi/iklan kepada calon pembeli atau konsumen. Dalam proses komunikasi, media merupakan wahana dimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikator. Dalam sebuah strategi komunikasi, media merupakan salah satu unsur utama penunjang keberhasilan komunikasi. Penentuan media yang akan digunakan merupakan salah satu strategi yang harus digunakan untuk menentukan media mana yang akan digunakan paling efektif dan efisien. Pentingnya memilih dan merencanakan media komunikasi antara lain:

  • Banyaknya media yang dapat digunakan sebagai media komunikasi.
  • Setiap media memiliki karakteristik dan sifat masing-masing.
  • Fragmentasi yang berkelanjutan dari khalayak media.
  • Biaya komunikasi memiliki implikasi yang harus dibayar.
  • Ada perbedaan karakteristik penonton.

Sebagai bagian dari perencanaan pemilihan media, strategi komunikasi akan mempertimbangkan media sebagai wahana penyampaian pesan. Di bawah aturan ini, pendekatan komunikasi pemasaran dan periklanan akan memfasilitasi klasifikasi media sesuai dengan kebutuhan untuk menyampaikan pesan penjualan atau program komunikasi. Berikut ini adalah distribusi media dalam strategi komunikasi:

Above the Line (ATL)

 ATL atau media lini atas adalah media utama yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau promosi. Media ini disebut primer karena terfokus pada media massa.

Media tersebut meliputi iklan media cetak (majalah, surat kabar dan tabloid), iklan radio atau radio, iklan televisi, iklan luar ruang (billboard dan ultravision), iklan film dan internet.

Below the Line (BTL)

Media below the line atau biasa disebut dengan istilah media lini bawah, adalah alat bantu penyampaian pesan dari suatu program komunikasi atau periklanan atau pemasaran produk dan jasa. Media ini lebih personal dan tidak sebesar media ATL. Media lini bawah sering digunakan untuk mendukung komunikasi di media tingkat yang lebih tinggi.

Media BTL dapat berbentuk  kalender, brosur, stiker, flyer, banner, t-shirt, pin, poster, katalog, banner, booklet, banner, dan lain-lain.

Penggunaan media berkualitas tinggi dan media untuk hasil akhir sering digunakan secara bersamaan. Artinya komunikasi pada media berteknologi tinggi dan media pada intinya saling mendukung dan dapat memperkuat pesan.

Kesimpulannya, iklan adalah media yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk, jasa, ataupun himbauan kepada masyarakat banyak.

By Luchia